Service : Marketing Kepulauan Seribu - Jakarta Charter Private Boat - KM. Quicksilver Fun Cruise
TENTANG PULAU SERIBU

Pesona Kepulauan Seribu

 

Introduction

     PESONA Kepulauan Seribu yang membentang sepanjang 100 mil dari Teluk Jakarta memang memikat setiap orang. Gugusan kepulauan yang berjumlah sekitar 110 pulau besar dan kecil ini terbagi atas pulau wisata, konservasi, pemberdayaan masyarakat dan sejarah karena masing-masing pulau memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Mulai aktivitas penduduk, mata pencaharian hingga ragam hayati yang mendiami setiap pulau.

     Secara geografis, gugusan kepulauan yang saling berdekatan ini ternyata menghadirkan fenomena alam yang menarik. Karena para penyelam berkelas internasional banyak menyebutnya sebagai tujuan wisata bahari terindah dan terlengkap di dunia. Apalagi dengan adanya pelestarian penyu sisik yang mulai berkurang populasinya.

     Temukan keindahan surga bawah laut Kepulauan Seribu melalui liburan panjang Anda di 9 pulau resort Kepulauan Seribu yang unik serta beberapa pulau nelayan yang kini hadir dengan fasilitas daerah wisata yang lengkap untuk Anda !

 

Destination

     EKSOTIK ! Menjadi alasan tepat mengapa wisatawan dosmetik maupun mancanegaramemilih Kepulauan Seribu sebagai salah satu tujuan utama untuk berlibur. Gugusan kepulauan seluas 108.000 Ha yang terletak 45-47 Km di sebelah utara kota Jakarta ini memiliki banyak obyek wisata bahari yang mengagumkan, termasuk didalamnya sembilan pulau resort yang eksotik.

     Pulau Bidadari adalah salah satu pulau resort terdekat dari Jakarta. Hanya 15 menit dari Jakarta dengan speedboat, Anda bisa berlibur bersama keluarga dengan fasilitas cottage dan ruang bermain lengkap sekaligusmengenal warisan budaya seperti prasasti dan Benteng Marthello yang merupakan peninggalan VOC.

     Tak jauh dari Pulau Bidadari, ANda bisa mengnjungi Pulau Ayer yang terkenal dengan cottage terapungnya. Pulau yang bangunannya bercirikan tradisional Asmat ini bisa di tempuh selama 25 menit dari Marina, Ancol.

    Meski berada di tengah lautan, Anda juga bisa menemukan hutan tropik yang rimbun. Pulau Kotok yang termasuk dalam gugusan kepulauan bagian utara bisa Anda kunjungi. Ikan hias berwarna-warni akan menyambut kedatangan ANda di dermaga bersama segarnya air kelapa muda yang siap menghapus dahaga. Disini, Anda bisa melihat dari dekat komunitas Elang Bondol yang bebas terbang di wilayah Pulau Kotok. Lain halnya dengan Pulau Matahari yang terkenal dengan keindahan sunsetnya. Letak geografisnya yang tidakterhalang pulau lain membuat Anda bisa menyaksikan rona senjakala di bibir pantai nya yang berpasir putih.

     Pulau Eksotik lain nya dalah Pulau Putri. Pulau Seluas 8,29 Ha ini memiliki banyak fasilitas hiburan bahari seperti glass bottom boat, snorkeling, scuba diving, undersea aquarium, swimming pool dan convention room yang sangat memadai.

     Pulau Sepa dengan pantai pasir putihnya yang landai juga bisa menjadi tempat berlibur yang menyenangkan. Disini Anda bisa juga menikmati kesunyian alam sambil melihat dari dekat konservasi Penyu Sisik dan terumbu karang yang di kelola secara alami.

     Pulau Pantara adalah pulau resort terakhir yang berada di ujung utara. Pulau yang memiliki restaurant jepang berdesain unik di tepi pantai nya ini di kelilingi oleh air laut yang sangat jernih. Oleh karena itu tak heran bila mayoritas pengunjung nya adalah para diver andal yang ingin menikmati surga bawah laut Pantara yang memikat !

 

Hotel & Accomodation

     HAMPIR semua pulau resort di Kepulauan Seribu memiliki standar penginapan yang layak untuk setiap wisatawan. Desain banguna yang unik, ruang tidur yang nyaman dengan atau tanpa pendingin bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Termasuk ambience masing-masing pulau yang memiliki karakteristik yang berbeda. Kendati mayoritas pengunjungnya senang berenang di tepi pantai, beberapa pulau seperti Pulau Ayer, Pulau Putri dan Pulau Bira Besar melengkapi fasilitasnya dengan kolam renang air tawar yang bersih. Berbeda dengan Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Matahari, Pulau Sepa dan Pulau Pantara yang lebih banyak menghadirkan suasana khas masing-masing pulau yang tenang.

     Tapi bila Anda ingin berbaur dengan penduduk setempat, Pula Pramuka dan Pulau Untung Jawa bisa jadi pilihan tepat. Meskipun bukan pulau resort, kedua pulau ini telah di lengkapi homestay dengan harga terjangkau.

     Karena itu, siapkan dengan matang rencana liburan ANda dan pastikan liburan ini akan menjadi momen yang paling mengesankan!

 

SPORT

     KONDISI geografis Kabupaten Kepulauan Seribu yang terpecah menjadi 110 pulau ternyatamemiliki keistimewaan tersendiri. Perairan dangkal yang kaya dengan biota lautnya membuat Kepulauan Seribu menjadi salah satu obyek wisata bahari unggulan di Indonesia.

     Mayoritas wisatawan yang datang berkunjung tidak akan melewatkan kesempatan untuk melakukan aktivitas air seperti jet ski, canoe, banana boat, snorkeling, diving atau sekadar berkeliling pulau dengan menggunakan glass bottom boat untuk melihat 257 jenis terumbu karang, 113 jenis ikan laut cantik serta beberapa jenis molusca yang di lindungi seperti jenis kima, kerang kepala kambing, batu laga, akar bahar dan kerang susu bundar.

     Atau dalam keheningan alam saat langit mulai berubah menjadi jingga keemasan, Anda bisa melakukan meditasi untuk mengistirahatkan sejenak jiwa dan pikiran Anda. Pusatkan pikiran anda dalam buaian lembut angin laut yang diiringi debur ombak di tepi pantai sambil mendengarkan burung-burung bersenandung merdu yang mampu membuat jiwa Anda tentram dan damai.

 

Conservation & Hystorical

     PADA tahun 1982, Kepulauan Seribu secara resmi memiliki Taman Nasional Kepulauan Seribu yang memiliki luas 110 hektar termasuk 44 buah pulau didalamnya. Kawasan ini mempunyai nilai konservasi yang tinggi karena keanekaragaman jenis dan ekosistemnya yang unuk dan khas. Selain itu, fenomena dan keindahan alamnya merupakan obyek wisata yang potensial, sumber rekruitmen perikanan serta menyimpan sejuta rahasia alam yang merangsang untuk digali sebagai sumber penelitian dan pendidikan. Beberapa diantara program pelestariannya adalah penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) di Pulau Pramuka dan Pulau Sepa, hutan mangrove, padang lamun hingga budidaya ikan hias oleh penduduk Pulau Panggang.

     Wilayah konservasi juga meliputi Pulau Rambut. Pulau seluas 20 Ha ini menjadi habitat yang nyaman bagi burung-burung asli Kepulauan Seribu, termasuk Elang Bondol yang menjadi burung khas kepulauan ini. Tak hanya itu, Anda juga dapat dengan mudah menemukan komunitas biawak, ular sanca dan ular cincin yang hampir tersebar di setiap pulau. Untuk cagar alam laut nya, Anda bisa mengunjungi Pulau Bokor yang banyak memiliki terumbu karang yang indah, mollusca dan ribuan ikan laut eksotik .

     Bila Anda Ingin melanjutkannya dengan wisata sejarah, Pulau Khayangan, Pulau Onrust dan Pulau Kelor sangat menarik untuk dikunjungi. Pulau Onrust merupakan pulau bekas benteng lengkap dengan meriam, dan sisa reruntuhan bangunan karantina haji dan rumah sakit. Sedangkan di Pulau Kelor, Anda bisa menyaksikan sisa benteng Bundar di samping makam yang tulang belulangnya banyak terangkat karena diterpa ombak laut.

 

Social Live

     KEHIDUPAN penduduk di kabupaten Kepulauan Seribu tak ubahnya sama dengan apa yang di lakukan penduduk lain yang hidup di daratan utama. Hanya saja kawasan baharinya yang sangat luas membuat mereka sangat tergantung dengan keramahan laut sekitar. Mayoritas penduduk menggantungkan hidupnya dari hasil laut. Sebagian dari mereka menjual hasil tangkapannya ke Jakarta, sebagian lainnya mengembangkan budidaya rumput laut, dan budidaya ikan hias.

     Sebagai satu-satunya kabupaten di Propinsi DKI Jakarta, Kepulauan Seribu juga telah melengkapi dengan infrastruktur yang cukup memadai seperti gedung sekolah, sarana olahraga, keamanan, hingga puskesmas dan rumah sakit dengan peralatan lengkap. Termasuk beberapa unit speedboat ambulance untuk keadaan darurat yang tersedia 24 jam.

 

Transportation

      BERDASARKAN letaknya, gugusan Kepulauan Seribu terbagi atas bagian utara ( pulau terjauh dari Jakarta ) dan bagian selatan (pulau terdekat dari Jakarta). Perbedaan jarak antar pulau dan keadaan cuaca membuat waktu tempuh setiap pulau bervariatif. Mulai 20 menit hingga 3,5 jam perjalanan. Tak perlu khawatir terhadap keamanan jiwa Anda selama perjalanan karena masing-masing pulau resort memiliki alat transportasi berupa speedboat yang terbilang aman. Selain kapal yang dimliki pulau resort, Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu juga mengoperasikan kapal Transjakarta yang diberi nama Lumba-Lumba.

     Kapal sengaja beroperasi setiap hari untuk memenuhi layanan transportasi wisatawan maupun penduduk setempat yang ingin menuju pulau pemukiman maupun pulau resort dengan tarif yang tidak terlalu mahal.

     Baik kapal milik pemerintah kabupaten maupun pulau resort berangkat dari dermaga Marina Ancol pada pagi hari, pukul 08.00 wib atau pukul 09.00 wib dan kembali dari pulau menuju Marina Ancol pukul 13.30 wib atau pukul 14.00 wib, tergantung pada pualu resort tujuan.

     Selain menggunakan kapal cepat, pilihan transportasi lain yang bisa Anda gunakan adalah kapal rakyat (ojek kapal) yang berkapasitas 50 - 60 orang. Kapal tradidional bertenaga mesin ini berangkat setiap hari dari Muara Angke (pasar ikan) ke Pulau Pramuka selama 2,5 jam. Meski ojek kapal ini masih sangat tradisional, keamanan Anda masih tetap terjamin, kok! Karena setiap penumpang akan memperoleh satu live jacket yang akan melindungi Anda setiap saat.

marketingpulauseribu.com

KANTOR KAMI
INFORMASI DAN RESERVASI
CUSTOMER SERVICE
Ms. Itha 0857 7766 0835
Ms. Affi 0812 1952 9979
Ms. Ajeng 0857 7109 9089
Ms. Andri 0878 8668 0679
VISITOR COUNTER
Copyright © 2017 Marketing Pulau Seribu - All Right Reserved. Developed by MaliniArt Studio